Curah Hujan Tinggi, Masyarakat di Himbau Waspada Bencana Alam Tiba-tiba

    Curah Hujan Tinggi, Masyarakat di Himbau Waspada Bencana Alam Tiba-tiba

    BUOL-Curah hujan yang tinggi saat ini masyarakat di himbau untuk mewaspadai segala bentuk bencana alam terutama warga yang bermukim pada lereng-lereng gunung, pesisir pantai dan bantaran sungai.

    Himbawan itu di sampaikan oleh Pemerintah daerah melalui BPBD Kabupaten Buol Sulawesi Tengah oleh Kepala pelaksana Abdul Rasyid S.sos Sabtu(38/1/2023)

    "Kami imbau warga waspada dan harus utamakan keselamatan saat beraktivitas di luar rumah karena musim hujan ini rawan bencana, " kata Kepala Pelaksana BPBD Buol, Abdul Rasyid, S.Sos Sabtu, (28/1/2023), saat dihubungi.

    Menurut Abdul Rasyid saat masyarakat beraktifitas diluar agar berhati-hati terutama warga masyarakat yang be pergian, namun disituasi seperti ini pihaknya terus siaga dalam mengantisipasi ancaman bencana.

    Ia juga meminta camat untuk segera menyampaikan informasi kejadian bencana agar proses penanganan bisa dilakukan segera.

    "Kami selalu siaga bencana dalam menghadapi cuaca ekstrem. Kami pun terus memperbarui informasi cuaca dan peringatan dini dari BMKG, " ujarnya.

    Lebih Lanjut kata Abdurasyid agar warga  yang berktivitas di dataran tinggi ataupun daerah yang terjal serta pada bantaran sungai untuk terus waspada

    "Kalau hujan durasi lebih dari satu jam dan jarak pandang obyek 30 meter tidak terlihat jelas, warga di lereng bukit dan bantaran sungai harus segera evakuasi mandiri ke titik aman terlebih dahulu, " kata Abdul Rasyid.

    Sementara itu, Pj Bupati Buol Drs M.Muchlis, M, Si melalui sekda Buol Drs Moh Suprizal Jusuf, MM, telah berpesan agar camat, lurah dan kepala desa memantau perkembangan di wilayah kerja masing-masing dan aktif melaporkan kondisi terkini di tengah curah hujan tinggi.

    Dia meminta warga mengurangi aktivitas di luar rumah saat curah hujan tinggi dan waspada dengan kejadian bencana yang bisa terjadi kapan saja.

    "Pastikan untuk selalu berhati-hati saat melakukan perjalanan. Waspada banjir dan tanah longsor, segera melapor ke pemerintah daerah dalam hal ini BPBD Buol, " kata Suprizal saat memberikan arahan dalam kegiatan penyerahan bantuan asset perahu karet oleh LPSM-KSDA bekerja sama dengan YPAL Poso,   di Kantor Camat Momunu beberapa waktu lalu.***

    buol
    Rahmat Salakea

    Rahmat Salakea

    Artikel Sebelumnya

    Dua Hari Diguyur Hujan Deras, Kota manado...

    Artikel Berikutnya

    Pemuda, Harus Siap Hadapi Era Disrupsi Guna...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Ketua Umum Bhayangkari Kunjungi Aiptu Heri dan Anaknya yang Terbaring Sakit
    Bareskrim Polri ungkap Jaringan Narkoba Wilayah Jambi H dan DS
    Irjen TNI Buka Perlombaan Cyber Strike dan Cyber Awareness Forum
    Raih ISO 9001:2015, SSDM Polri Terus Tingkatkan Kualitas Rekrutmen Anggota
    DPR Setujui Herindra Jadi Kepala BIN, Perkuat Sinergi Intelijen dan Pertahanan

    Ikuti Kami